Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Kenali Gejala Obesitas
Kenali Gejala Obesitas

Setiap orangtua tentu merasa senang jika melihat si Kecil makan dengan lahap.  Apalagi kalau si Kecil juga tumbuh dengan pesat, tubuhnya gemuk menggemaskan, karena ada anggapan, anak yang gemuk adalah anak yang sehat dan lucu. Namun, ada yang harus Bunda waspadai, karena tubuh gemuk si Kecil ada kemungkinan si Kecil mengalami gejala obesitas karena nutrisi yang berlebihan.

Gejala Obesitas
Kegemukan atau obesitas pada si Kecil dapat membuat sistem perkembangan dan aktivitasnya menjadi berkurang. Misalnya, saat si Kecil berusia kurang dari 7 bulan, pada umumnya sudah bisa duduk, tetapi jika si Kecil mengalami obesitas, walaupun usianya sudah di atas 7 bulan, ia tidak bisa duduk.

Supaya si Kecil terhindar dari obesitas, Bunda harus mengenali gejalanya:

  • Wajah bulat dengan pipi tembam dan dagu rangkap
  • Leher relatif pendek
  • Berkeringat secara berlebihan
  • Sulit bernafas
  • Perut buncit, dada membusung dengan payudara membesar (biasanya terjadi pada anak laki-laki)

Apa Penyebab Obesitas?

A. Genetik
Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat obesitas, maka si Kecil pun dapat terkena obesitas, walaupun ia masih bayi.

B. Diabetes
Jika Ayah atau Bunda memiliki riwayat diabetes, maka si Kecil juga berpotensi menjadi bayi obesitas, sebab ia memiliki kandungan kadar gula dalam darah yang berlebih. 

C. Pola Hidup Sehari-hari
Faktor utama penyebab obesitas adalah kebiasaan hidup sehari-hari yang meliputi pola makan yang berlebihan, kurangnya melakukan aktivitas fisik yang membakar kalori dan kurangnya waktu tidur si Kecil.    

Hindari Obesitas
Umumnya, anak-anak mengalami obesitas pada usia 5 atau 6 tahun, yang mungkin saja dimulai dari rutinitas yang kurang baik sejak usia lebih dini. Untuk menghindari obesitas, Bunda sebaiknya:

  • Memperhatikan faktor kesehatan dalam memilih jenis makanan. Jangan berlebihan memberi si Kecil makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi, seperti permen, cokelat, junk food dan keju.  
  • Pola makan yang seimbang dengan sayur dan buah
  • Mengatur waktu supaya si Kecil memiliki waktu istirahat yang cukup
  • Mengajarkan dan mengajak si Kecil melakukan aktivitas fisik yang membuat si Kecil banyak bergerak
  • Membatasi keberadaan si Kecil di depan TV atau bermain game di gadget, supaya si Kecil tidak malas bergerak.

Selain itu, dengan pemenuhan nutrisi yang lengkap dan cukup, si Kecil akan memiliki tubuh ideal yang dapat mendukung tumbuh kembangnya.

Tags : kesehatan anak, gizi anak, nutrisi anak, pertumbuhan anak, tumbuh kembang anak, pertimbuhan bayi, tumbuh kembang bayi, anak obesitas, kegemukan bayi, berat badan bayi