Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Kenali Proses Perkembangan Penglihatan Bayi
Kenali Proses Perkembangan Penglihatan Bayi

Mata adalah jendela dunia. Proses pembentukan mata manusia sudah dimulai sejak masih berada di dalam kandungan. Anatomi mata, seperti bola mata, sudah mulai terbentuk sejak janin berusia empat minggu. Setelah bayi lahir, fungsi mata diharapkan sudah lengkap.

“Namun, jangan berharap begitu lahir bayi akan langsung bisa melihat. Sampai usia tiga hingga empat bulan, penglihatan bayi masih buram dan berkabut. Sudah bisa melihat gerakan, tapi belum bisa melihat wajah,” jelas dr. Florence M. Manurung, Sp.M dari Jakarta Eye Center @Kedoya, Jakarta.

Bagaimana sebenarnya proses perkembangan penglihatan bayi? Fungsi mata akan berkembang, hingga di usia 3 atau 4 bulan, secara perlahan bayi akan mulai mengenal bentuk, meski belum bisa mengenal warna.

“Ia masih melihat secara abu-abu. Kapan bayi mampu mengenal warna belum diketahui secara pasti, yang jelas warna terang seperti merah atau kuning mulai bisa ditangkap dan ada respons,” kata Florence. Tak heran, ya, jika mainan anak biasanya memakai warna-warna demikian, karena anak memang mulai mengenal warna yang cerah.

Sempurna di Usia Dua Tahun
Pada bayi, fungsi mata mulai berangsur lengkap di atas usia 4 hingga 6 bulan. Pada usia ini, bayi mulai memberikan respons, salah satunya dengan mengikuti gerakan benda. Memang, respons masih berjalan lambat karena perintah otak pun masih lambat. Tapi saat diperlihatkan mainan berwarna cerah, bayi akan tertarik dan matanya akan mengikuti.

Di atas usia 6 bulan, penglihatan bayi pun sudah mulai menajam. “Tapi kalau Sang Nenek melambaikan tangan ke arah bayi dari jarak jauh, misalnya, percuma saja karena bayi belum bisa melihat. Di usia itu, jarak penglihatan bayi baru sekitar 40 cm alias sejarak payudara ibunya,” tambah Florence.

Di atas 6 bulan, bayi sudah bisa sedikit lebih cepat mengikuti gerakan benda, karena responsnya sudah jauh lebih baik.

Penglihatan anak mulai berfungsi sempurna di sekitar usia 2 tahun. Makanya, perkembangan mata di usia 2 hingga 3 tahun merupakan perkembangan mata yang paling penting. Jadi jika ada masalah, orangtua sebaiknya cepat-cepat membawa ke dokter untuk diperbaiki.

Ia menambahkan, bisa dikatakan penglihatan anak di usia itu sudah menyerupai kemampuan anak usia SD. Maka, pemeriksaan mata idealnya mulai dilakukan di usia ini, kecuali ada tanda-tanda kelainan seperti tidak ada respons atau terlihat warna putih di bola mata serta korneanya. (*)

FOTO: MATA BAYI.JPG – GLOBALPOST.COM

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi