Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Kesehatan Saluran Cerna Pengaruhi Perkembangan Otak
Kesehatan Saluran Cerna Pengaruhi Perkembangan Otak

Saluran cerna merupakan organ imunitas terbesar dan memiliki berbagai fungsi. Termasuk di antaranya untuk mengolah gizi, mendukung pertumbuhan otak, serta menunjang tumbuh kembang anak, demikian menurut pakar gizi Dr dr Saptawati Bardosono, MSc.
Sayangnya, masih banyak orangtua yang menganggap saluran cerna hanya memiliki fungsi sebagai organ utama dalam penyerapan nutrisi. Padahal, saluran cerna yang sehat merupakan salah satu kunci penting yang dapat menentukan kualitas pertumbuhan seorang anak.
"Pada anak usia bayi, sistem pencernaan memang belum berfungsi secara optimal, sehingga bayi menjadi sangat rentan mengalami gangguan pencernaan. Padahal, gangguan saluran pencernaan ini dapat mengakibatkan berbagai penyakit yang dapat kematian pada bayi," jelasnya.
Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010, lanjut Saptawati, penyakit yang diakibatkan gangguan saluran pencernaan masih menjadi penyebab terbesar atau sekitar 35,9 persen kematian pada anak usia 0-59 bulan di Indonesia.  
Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan saluran cerna anak yang dapat dimulai sejak bayi, demi menentukan masa depan si kecil. Saluran cerna yang sehat dan nyaman dapat mengirimkan sinyal-sinyal yang positif kepada otak sehingga fungsi dan kerja otak menjadi lebih optimal.
Pemberian nutrisi yang baik sejak anak usia dini akan menciptakan saluran cerna yang sehat. Pada bayi, yang paling baik tentu saja dengan pemberian ASI. "Tak heran bila ASI sebagai nutrisi terbaik bagi bayi. Sebab daya tahan tubuh yang optimal dapat diperoleh dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, dan diteruskan hingga anak berusia 2 tahun," jelas Saptawati.
Karena peran penting tersebut,  orangtua sebaiknya tidak hanya menganggap saluran cerna si kecil sebagai organ utama dalam penyerapan nutrisi saja. Saluran cerna perlu dianggap sebagai “otak kedua” dari manusia, tambah DR Dr Ahmad Suryawan, SpA (K)
Orangtua juga sebaiknya peka dan lebih memahami gejala-gejala dari gangguan sistem saluran pencernaan pada buah hatinya. "Gangguan sistem pencernaan yang umum dialami anak adalah sering gumoh, kolik, atau konstipasi. Sehingga perlu segera diatasi agar saluran pencernaan anak selalu sehat dan nyaman," ungkap dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini.
Saluran cerna yang sehat dan nyaman merupakan kunci yang sangat penting, yang dapat menentukan kualitas perkembangan dan pertumbuhan anak di masa depannya. “Dengan kata lain, saluran cerna yang sehat merupakan modal bagi bagi anak untuk menjadi happy kids yang otaknya mampu tumbuh dan berkembang secara optimal,"  pungkasnya.

FOTO: SALURAN CERNA.JPG – SHEKNOWS.COM

 

Produk Terkait:
, My Baby Moms Hand Sanitizer

Tags : kesehatan anak, nutrisi anak, metabolisme, saluran cerna