Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Membiasakan Si Kecil Menjaga Kebersihan
Membiasakan Si Kecil Menjaga Kebersihan

Kesehatan si Kecil tentu berkaitan dengan kebersihan. Nah, kebiasaan dalam menjaga kebersihan ini sebaiknya sudah Bunda tanamkan sejak dini pada si Kecil. Seiring dengan bertambahnya usia si Kecil, ia pun tentu harus belajar mandiri, termasuk menjaga kebersihan diri sendiri.

Selain bisa mencegah dari berbagai macam penyakit, dengan menjaga kebersihan tubuh, si Kecil akan memiliki penampilan yang lebih rapi dan memiliki inisiatif untuk belajar melakukan apa yang Bunda ajari tentang kebersihan.

Beberapa kebiasaan yang bisa Bunda ajarkan antara lain:

  • Mencuci Tangan
    Tangan adalah bagian tubuh yang paling cepat melakukan kontak dengan kuman. Tanamkan pentingnya cuci tangan pakai sabun dan dengan air mengalir kepada si Kecil, baik sebelum makan, setelah bermain di luar rumah, setelah membuang sampah, dan aktivitas lainnya. Ajak si Kecil mencuci tangan sambil bercerita dengan cara sederhana yang dipahami si Kecil bahwa dengan mencuci tangan, tangan si Kecil akan bersih dan bebas dari kuman.
     
  • Mandi Secara Teratur
    Meski mandi terkadang merupakan hal yang dihindari oleh anak yang sudah beranjak besar karena malas, namun Bunda jangan bosan untuk memastikan dia tahu betapa pentingnya menjaga tubuh agar bersih dan terbebas dari kuman. Ajarkan si Kecil untuk mandi menggunakan sabun ke seluruh bagian tubuh dari wajah sampai ujung kaki.
     
  • Membuang Sampah Pada Tempatnya
    Kenalkan si Kecil tentang tempat sampah dan ajarkan si Kecil untuk membuang barang atau makanan yang sudah tidak terpakai ke tempat sampah. Bunda dapat memberi contoh langsung dengan melakukannya bersama dia lalu pelan-pelan membiarkan si Kecil membuang sampah sendiri sambil dengan pengawasan.
     
  • Mengenakan Pakaian Bersih
    Saat bajunya basah atau kotor karena satu hal, biasakan si Kecil untuk mengganti bajunya. Ajak si Kecil ngobrol dengan mengenalkan si Kecil dengan kotoran yang ada pada bajunya dan kenapa si Kecil harus mengganti pakaiannya. Mengenakan pakaian yang bersih dapat mengindarkan si Kecil dari kuman sekaligus menjauhkannya dari bau badan yang tidak sedap.
     
  • Sikat Gigi Secara Teratur
    Selain membuat gigi bersih, dengan membiasakan si Kecil menyikat gigi, maka Bunda mengajarkan kepada mereka untuk untuk tetap sehat. Menyikat gigi dapat membuat anak terhindar dari berbagai macam penyakit gigi, misalnya gigi berlubang. Pastikan si Kecil menyikat gigi minimal 2 kali sehari.

Produk Terkait:
My Baby Moms Hand Sanitizer, My Baby Liquid Detergent, My Baby Fabric Softener Plus Ironing Aid Antibacterial, My Baby Extra Thick Wipes Fresh Fruity, My Baby Extra Thick Wipes Sweet Floral, My Baby Extra Thick Wipes Antibacterial

Tags : tumbuh kembang anak, kebersihan anak, mengajarkan anak kebersihan, kesehatan anak