Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Mengenalkan Si Kecil pada Hewan Peliharaan
Mengenalkan Si Kecil pada Hewan Peliharaan

Tahukah Bunda, memelihara hewan kesayangan di rumah ternyata memiliki pengaruh positif pada anak-anak, lho. Si Kecil dapat belajar banyak hal, seperti belajar bertanggungjawab (belajar memberi makan hewan sesuai jadwal), empati (merasakan senang saat bermain bersama dan sedih saat hewan kesayangan sakit) juga peduli (saat melihat hewan lain akan memberi perhatian).  

Kenalan dengan beragam hewan
Tentu saja, bila Bunda ingin memelihara hewan peliharaan, Bunda harus mengenalkan si Kecil pada hewan-hewan tersebut. Selain hewan peliharaan (misalnya kucing, anjing atau kelinci), Bunda juga bisa mengenalkan si Kecil dengan hewan lainnya. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan:

  • Buku cerita. Kenalkan si Kecil dengan hewan melalui buku cerita bergambar. Jangan lupa untuk menceritakan kebiasaan hidup, makanan dan menirukan suara hewan saat Bunda menunjukkan gambarnya, ya.
  • Film. Film tentang binatang, baik animasi atau non animasi juga bisa menjadi alat untuk mengenalkan si Kecil pada hewan. Tentu Bunda atau Ayah harus mendampingi untuk menjelaskan tokoh hewan dalam film atau bila si Kecil bertanya.
  • Kebun binatang. Melihat langsung hewan di kebun binatang sambil jalan-jalan tentu menyenangkan. Si Kecil akan belajar memahami ada hewan yang terbang, hewan hidup di air atau hewan dengan bentuk besar.

Saat memiliki hewan peliharaan
Nah, dari perkenalan tersebut, Bunda bisa melihat reaksi si Kecil. Bila Si Kecil tampak tertarik dan bersemangat artinya Bunda dapat membawa peliharaan ke rumah. Berikut cara mengenalkan si Kecil pada hewan peliharaan di rumah:

  • Pastikan hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing sudah cukup terlatih, sehat dan jinak. Bunda tentu tidak ingin hewan peliharaan kesayangan melukai si Kecil,kan? Begitu juga dengan kesehatan dan kebersihan hewan, jangan sampai mereka menularkan penyakit pada si Kecil.
  • Beri contoh bagaimana caranya bermain dengan hewan. Tunjukkan bagaimana menyentuh, mengelus atau menggendong hewan peliharaan. Perlihatkan gerakan-gerakan lembut agar anak tidak terbiasa bermain dengan hewan lewat cara menarik telinga atau ekornya.
  • Sebelum dikenalkan pada anak, hewan peliharaan seperti kucing harus lebih dahulu dibiasakan dengan aroma bayi. Bunda bisa mengoleskan baby oil atau lotion si Kecil ke tubuh Bunda ketika akan memberi makan hewan peliharaan. Dengan begitu, anjing akan mengenali aroma pemiliknya dan tidak akan berbahaya bagi si Kecil.

Bunda, meski sudah jinak, jangan tinggalkan hewan peliharaan berdua saja dengan si Kecil, ya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena, bila terjadi hal tak terduga, misalnya ada yang membuat mereka terkejut, reaksi yang diberikan hewan peliharaan bisa di luar kendali, seperti melukai si Kecil. Atau saat sikap si Kecil yang tanpa disadari membuat hewan peliharaan tidak nyaman yang mengakibatkan hewan bersikap kasar pada si Kecil.

Produk Terkait:
My Baby Moms Hand Sanitizer, My Baby Extra Thick Wipes Fresh Fruity, My Baby Extra Thick Wipes Sweet Floral, My Baby Extra Thick Wipes Antibacterial

Tags : hewan peliharaan anak, memperkenalkan hewan pada anak, agar anak menyayangi hewan