Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Riset Membuktikan Traveling Bisa Membuat Si Kecil Lebih Cerdas
Riset Membuktikan Traveling Bisa Membuat Si Kecil Lebih Cerdas

Merangsang kecerdasan si kecil bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain rajin membacakan buku cerita menjelang tidur, Bunda juga bisa mengajaknya bepergian. Kenapa traveling bisa merangsang kecerdasan si kecil?              

Berdasarkan riset Parent-Paly Survey dari Playmobil UK, 65% orangtua hanya kadang-kadang bermain bersama anaknya. Apalagi, dalam penelitian tersebut juga terungkap kalau satu dari enam orangtua mengatakan tidak tahu bagaimana caranya bermain dengan anak-anak mereka. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Bunda pun bisa menggunakan traveling sebagai jalan keluarnya.

Tidak hanya untuk mencairkan komunikasi dalam keluarga, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan, Jaak Panksepp di tahun 2016, traveling bersama keluarga juga dapat meningkatkan perkembangan otak pada anak-anak. Sebab, traveling dapat memicu perkembangan dua sistem di dalam otak yang tertanam dalam area limbik otak secara sekaligus, yaitu, Play System dan Seeking System. Kedua sistem ini tidak akan berkembang secara maksimal kalau hanya di dalam rumah saja.

Play System di dalam otak bisa dipicu dengan cara bermain pasir, berenang, atau kuda-kudaan. Tapi, Seeking System di dalam otak hanya akan berkembang kalau anak-anak diajak untuk mengekplorasi tempat-tempat baru. Seperti, diajak ke hutan, pantai, atau keliling ke sisi perkampungan yang belum pernah dilihatnya. Jadi, dengan mengajak anak-anak traveling berarti Bunda sudah merangsang perkembangan Seeking System di otak si kecil.

Penelitian tersebut didukung juga oleh tim riset Jeffrey Burgdorf (2010) yang menyimpulkan bahwa anak dari keluarga yang rutin bepergian, pertumbuhan otak di bagian lobus frontal menjadi lebih matang. Bagian otak tersebut terlibat dalan fungsi kognitif, kecerdasan sosial, dan konsentrasi.

Yuk, bunda, mari siapkan budget buat traveling bersama si kecil dari sekarang! Jangan lupa bekali diri dengan My Baby Minyak Telon Plus saat bepergian agar bayi terhindar dari nyamuk atau serangga dan tetap hangat sehingga tidak masuk angin.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi