Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Saat Si Kecil Tumbuh Gigi
Saat Si Kecil Tumbuh Gigi

Gigi si Kecil biasanya akan mulai tumbuh di usia 6 sampai 10 bulan. Dan biasanya pula, pertumbuhan gigi akan diikuti dengan seringnya si Kecil rewel dan menangis. Berikut tips yang bisa Bunda lakukan agar pertumbuhan gigi terasa nyaman bagi Si Kecil dan giginya tumbuh dengan sehat dan kuat.

Sebelum Gigi Tumbuh

  • Setiap habis minum susu sebaiknya bersihkan gusi si Kecil yang belum tumbuh gigi dengan sepotong kain bersih atau kasa. Gunanya agar bagian gusi dan juga mulut bayi bersih dari sisa-sisa susu. Bunda juga bisa menggunakan jari Bunda untuk membersihkan dan memijat gusi si Kecil.  
  • Bayi umumnya senang menggigit benda apa saja yang bisa diraihnya. Ini juga tanda kalau giginya akan mulai tumbuh. Jadi Bunda harus perhatikan benda/mainan apa saja yang masuk ke dalam mulut si Kecil. Bila Bunda memberikan permainan yang terbuat dari karet, pastikan untuk selalu dijaga kebersihannya.
  • Bila si Kecil rewel karena giginya akan tumbuh, redakan sakitnya menggunakan pisang dingin. Masukkan pisang dalam lemari es, setelah dingin potong kecil-kecil untuk diberikan pada si Kecil.  
     

Sesudah Gigi Tumbuh

  • Jangan biarkan si Kecil tertidur dengan botol susu/dot di dalam mulutnya. Karena cairan susu atau jus akan terus menempel di gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang bahkan merusak pertumbuhan gigi.
  • Meski masih bayi, si Kecil harus dibiasakan membersihkan gigi dengan bantuan Bunda. Saat membersihkan gigi, gunakan air yang mengandung flouride, seperti air keran yang sudah matang. Air berflouride bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang.
  • Biasakan juga memeriksakan gigi bayi ke dokter gigi. Kunjungan ke dokter gigi pertama kali dapat dilakukan saat si Kecil berusia 1 tahun.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi