Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Si Kecil Lebih Mungil dari Anak Seusianya
Si Kecil Lebih Mungil dari Anak Seusianya

Bingung karena berat badan si kecil kurang  atau tinggi badan tidak sesuai dengan usianya?
Banyak hal yang memengaruhi pertumbuhan anak,  termasuk kecerdasannya. "Ada beberapa faktor yang memengaruhi (pertumbuhan anak), di antaranya nutrisi, yang terdiri atas karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Jika semua terpenuhi anak akan tumbuh, cerdas, dan tangguh," tutur Dr. Saptawati Bardosono, MSc,  pakar Gizi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Menurut Saptawati berat badan anak kurang  biasanya karena kekurangan asupan kalori dan protein. "Sementara anak yang pendek itu (karena) kurang asupan nutrisinya, termasuk vitamin, mineral, asam lemak, hingga memengaruhi pertumbuhannya," jelasnya.
Selain sumber-sumber gizi tersebut, berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013 yang dikeluarkan Departemen Kesehatan, ada pula asam lemak omega 3 dan omega 6. Kemudian, kunci untuk perkembangan otak anak adalah vitamin A, B, K, DHA, dan kolesterol.

"Jangan takut makan makanan yang mengandung kolesterol. Makanan tersebut dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Misalnya, otak sapi yang mengandung kolesterol tinggi dan baik untuk perkembangan otak," katanya. Untuk melihat apakah kebutuhan gizi anak sudah cukup atau tidak, lihatlah tahap perkembangan anak:

  1. Pada usia 6 bulan berat badan anak seharusnya sudah dua kali berat badan waktu lahir. Pada usia setahun, berat badannya sudah tiga kali berat badan waktu lahir.
  2. Pada usia 4 bulan anak sudah bisa berguling, usia 6 bulan menegakkan kepala, lalu duduk pada usia 8 bulan, dan berjalan pada umur 12 bulan.
  3. Pada usia 10 bulan anak sudah bisa memegang makanan dan memasukkan ke mulutnya sendiri. Dan pada usia setahun bisa mengucapkan kata "mama" atau "papa".  

Umumnya ada kisaran usia pencapaian perkembangan tersebut. Jadi, bila pada usia tersebut anak belum mencapai perkembangan yang diharapkan, tak perlu langsung khawatir. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui sampai di mana keterlambatan perkembangan anak  yang masih bisa ditoleransi, dan yang harus mulai diwaspadai.

FOTO: ANAKMUNGIL.JPG – THESTAR.COM

 

Produk Terkait:
My Baby Bottle, Nipple & Baby Accessories Cleanser

Tags : tumbuh kembang anak, kesehatan anak, nutrisi anak