Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Si Kecil Takut Bertemu Orang Baru? Ini Solusinya!
Si Kecil Takut Bertemu Orang Baru? Ini Solusinya!

Bunda, menurut ahli perkembangan anak, kondisi saat si Kecil merasa takut bertemu orang baru adalah hal yang normal. Hal ini merupakan bagian dari fase yang diperlukan si Kecil dalam perkembangannya. Mengapa si Kecil yang selalu ceria tiba-tiba berubah menjadi merasa takut ketika bertemu orang baru?

Tingkah laku ketakutan si Kecil saat bertemu orang baru biasanya ditandai dengan menjerit dan mengeluarkan raut wajah akan menangis. Hal itu disebabkan karena ia tidak nyaman dengan wajah orang yang tidak dikenalnya. Apalagi jika ia bertemu dengan seseorang yang langsung mengajaknya bicara dengan suara agak keras dan intonasi yang lantang, si Kecil akan kaget dan ketakutan. Hampir semua anak akan mengalami masa-masa seperti ini. Si Kecil takut bertemu orang baru biasanya berlangsung  saat ia berusia 8 hingga 15 bulan.

Apa Yang Harus Bunda Lakukan?
Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi rasa takut si Kecil ketika berhadapan dengan orang yang baru dikenalnya, seperti:

  • Jangan paksa si Kecil. Memaksa si Kecil untuk mau dengan orang baru, justru akan meningkatkan rasa takutnya. Sebaiknya Bunda mengenalkannya dengan orang baru tanpa paksaan yang berlebihan, biarkan si Kecil menghadapi dan menyesuaikan diri dengan wajah-wajah baru sesuai kesiapannya.
  • Sering ajak si Kecil bertemu orang baru. Bunda bisa mengajaknya pergi ke suatu tempat, seperti belanja ke mal untuk jalan-jalan dan gunakan kesempatan untuk mengenalkan si Kecil dengan orang-orang yang berada di tempat tersebut. Semakin sering Bunda melatih dan mengenalkan hal baru pada si Kecil, maka ia akan terbiasa dan kecemasannya akan sedikit berkurang pada sesuatu yang belum pernah ia lihat sebelumnya.
  • Beri rasa aman. Anak usia 1-2 tahun sangat membutuhkan rasa aman dari Bunda untuk melewati fase ketakutan bertemu orang baru. Saat si Kecil merasa takut, Bunda bisa berikan rasa aman lewat cinta dengan memeluknya. Dengan begitu, ia akan merasa tenang dan tidak akan trauma bertemu orang baru.

Produk Terkait:
My Baby Powder, My Baby Hair Lotion, My Baby Cologne

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi