Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Usia Ideal Menitipkan Anak ke Day Care
Usia Ideal Menitipkan Anak ke Day Care

Sebenarnya tidak ada usia ideal untuk menitipkan anak di day care. Beberapa pakar berpendapat usia ideal anak bisa dititipkan di day care adalah saat anak berusia 6 bulan ke atas. Karena pada usia ini umumnya bayi sudah mulai merangkak dan dapat mulai disapih ASI, sehingga akan mengurangi sedikit kerepotan saat ia berjauhan dengan Bunda. Namun jika masa cuti melahirkan sudah habis dan Bunda harus kembali bekerja, bayi berusia 3 bulan sudah bisa dititipkan di day care. Pastikan Bunda sudah memilih day care yang terbaik bagi Si Kecil.

Nah, ada beberapa hal penting yang harus Bunda perhatikan saat memilih day care untuk bayi berusia 3 bulan. Salah satu yang paling penting adalah day care pilihan Bunda harus mendukung program ASI eksklusif. Pihak day care sudah memiliki program yang tepat dalam manajemen ASI, jadi Si Kecil hanya akan menerima ASI Bunda tanpa susu formula atau makanan lain.

Jadi kapan usia ideal untuk menitipkan anak di day care? Sebaiknya kenali dulu kebutuhan anak di tiap rentang usia sebelum Bunda memutuskan.

Bayi usia 0-18 bulan
Di usia ini bayi terbiasa berhubungan dekat hanya dengan beberapa orang saja, seperti orangtua, nenek dan pengasuh, bila ada. Usia ini membutuhkan perhatian konstan agar setiap kebutuhannya dapat terpenuhi dengan baik. Sebaiknya pilih day care dengan pengasuh yang menangani beberapa bayi saja. Bayi di rentang usia ini juga membutuhkan lingkungan pengasuhan yang aman dan bersih karena ia mulai ingin mengeksplorasi lingkungannya.

Anak usia 18 bulan-3 tahun
Semakin bertambah usia, anak akan semakin aktif sehingga batita akan membutuhkan pengasuh di day care yang memiliki tingkat kesabaran tinggi. Serta lingkungan yang aman sehingga ia tidak mudah terluka/cidera saat ia berlarian kesana kemari. Day care juga dapat membawa dampak positif pada anak di usia ini karena ia dapat belajar bersosialisasi dan melakukan banyak aktivitas.

Usia 3-5 tahun
Keuntungan dari menitipkan anak di day care pada rentang usia ini adalah kemampuan berbicara dan bersosialisasinya akan makin meningkat. Bunda perlu memperhatikan bagaimana pengasuh menjalin komunikasi dengan anak-anak asuhnya karena usia ini anak sudah memiliki perhatian dan juga meniru cara bicara dan bersikap orang lain dengan cepat.

Produk Terkait:
My Baby Soap, My Baby Shampoo Black & Shine, My Baby Shampoo Soft & Smooth, My Baby Powder, My Baby Extra Thick Wipes Fresh Fruity, My Baby Extra Thick Wipes Sweet Floral, My Baby Extra Thick Wipes Antibacterial

Tags : daycare, babycare, perawatan bayi, penitipan bayi