Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
7 Tips Menjadi Ibu yang Lebih Santai
7 Tips Menjadi Ibu yang Lebih Santai

Setiap perempuan yang telah menikah kemudian mengandung dan punya anak, rata-rata mengalami kekhawatiran ketika pertama kali menatap buah hatinya. Dalam hati kecilnya mereka mungkin berkata, siapkah saya menjadi ibu?

Para ahli keluarga mengatakan, rasa percaya diri penting dalam menjalankan tugas sebagai ibu. Pikiran menjadi seorang ibu akan jadi menakutkan jika tak dipersiapkan dengan baik. Tak ada manusia yang sempurna. Untuk merasa lebih relaks dalam menjalani hari-hari sebagai ibu, jalani semua proses sebagai ibu dengan perasaan lebih lapang, tidak membanding-bandingkan dengan kehidupan ibu yang lain, dan jadilah diri sendiri.

Berikut beberapa tips menjadi ibu yang lebih santai dan nyaman dalam menjalankan peran:
1. Menyusui  kadang tidak semudah teori. Bukan berarti para ibu yang kesulitan menyusui lantas menjadi berkurang perannya sebagai ibu.
2. Keluarlah dari rumah! Hindari stres karena  terlalu lama terkurung di dalam rumah. Lakukan jalan pagi bersama si kecil untuk mendapatkan udara segar. Jika tak ingin kesepian, ajak suami atau teman untuk menemani.
3. Bergabunglah dengan komunitas yang memiliki minat sama. Jika ingin mengobrol bersama sesama ibu yang pernah mengalami depresi postpartum (pasca melahirkan), cobalah cari komunitas atau perkumpulan ibu-ibu yang pernah mengalami hal sama, untuk berbagi cerita dan solusi. Rasa kesepian dan baby blues hanya akan memperburuk kondisi dan membuat semakin depresi. Bertemulah secara rutin dan berbagi cerita dengan mereka untuk saling membantu.
4. Jangan takut meminta bantuan. Ini bukanlah tanda kelemahan sebagai ibu. Jika kewalahan, tidak ada salahnya meminta bantuan ibu atau mertua, atau pengasuh bayi untuk menemani si kecil sejenak, mungkin 1-2 jam. Istirahat sejenak bisa membantu energi kembali dan terhindar dari stres. Sempatkan waktu untuk  sekadar berendam di dalam bath tub dengan air hangat atau membaca majalah.
5. Jangan mengkhawatirkan tentang apa yang teman atau tetangga lakukan, yang seolah terlihat lebih baikMenjadi ibu tidak kenal kata kompetisi. Jadilah diri sendiri dan percaya diri dengan pilihan sendiri. Tak ada benar dan salah selama menjalani peran sebagai ibu yang terbaik.

FOTO: IBU SANTAI.JPG – HEARTH SIDE CABIN RENTALS.COM

Tags : Tips menjadi ibu, stres pada ibu