Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Ibu Hamil Jangan Lupa Merawat Gigi
Ibu Hamil Jangan Lupa Merawat Gigi

Ternyata biang keladi sakit gigi di masa hamil lagi-lagi faktor hormonal. Perubahan hormon selama kehamilan dapat memicu peradangan gusi. Kondisi ini bisa diperparah jika ibu hamil malas sikat gigi lantaran sakit yang dirasakannya. Lama-lama gusi akan bengkak dan benjol seperti bisul yang cukup besar. Aktivitas mengunyah dan menelan akan menimbulkan rasa sakit yang lebih parah.

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menyempatkan diri untuk ke dokter gigi. Ini alasannya:
1. Ibu termasuk golongan sensitif (sebelum hamil mudah mengalami radang gusi).
2. Perubahan hormon juga bisa membuat gigi yang tumbuh miring dan gigi bungsu (gigi delapan) terasa sakit. Dalam keadaan fit, gigi bungsu memang tidak akan menjadi masalah. Tapi lantaran kehamilan, sering kali gusi di sekitar gigi ini membengkak.
3. Kontrol rutin ke dokter gigi amat disarankan karena dengan begitu dokter bisa mendeteksi dan melakukan penanganan sebelum terjadi peradangan gusi yang parah (timbul benjolan).
4. Sakit gigi bukan hal yang menyenangkan, apalagi dalam kondisi hamil. Selain rasa cenut-cenut yang begitu menyiksa, ibu hamil pun jadi malas makan. Padahal asupan gizi yang baik penting bagi ibu dan janin. Sakit yang dirasakan bisa memicu kontraksi.
5. Ibu hamil sering mengabaikan perawatan gigi yang utama, yaitu sikat gigi dua kali sehari, terlebih di trimester awal karena timbul rasa mual saat menggosok gigi.
6. Banyaknya sisa makanan yang menempel di gigi bisa mengakibatkan karies gigi. Bahkan kalau ibu sering muntah, kotoran yang menempel pada gigi akan semakin banyak.
7. Kontrol ke dokter gigi di awal kehamilan banyak memberikan keuntungan, antara lain semua gigi ibu akan diperiksa dan dibersihkan dari semua kotoran yang menempel termasuk karang gigi. Jika memang perlu, gigi pasien bisa diolesi fissure sealent yang aman bagi ibu hamil dan janin agar tidak berlubang.

Untuk menjaga kondisi gigi tetap prima, lakukan hal ini:
1. Cegah terjadinya karang gigi dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari.
2. Minum air putih sebelum tidur dan saat bangun di pagi hari untuk membantu menjaga kebersihan mulut.
3. Berkunjunglah ke dokter gigi minimal tiga kali, yakni sebelum ibu memutuskan untuk hamil, saat hamil di trimester pertama, dan enam bulan berikutnya.

FOTO: GOSOKGIGI.JPG – PREMIERMILESPA.COM

Tags : perawatan gigi ibu hamil, kesehatan gigi, ibu hamil, kehamilan