Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Jenis Perawatan Spa untuk Ibu Hamil
Jenis Perawatan Spa untuk Ibu Hamil

Bila ibu hamil kerap merasa pegal-pegal karena harus menanggung beban tambahan di perut dan punggung dan dinyatakan tidak memiliki masalah apa pun pada kandungannya, tak perlu ragu untuk berelaksasi di spa. Banyak manfaat dari spa bagi ibu hamil, di antaranya mengurangi stres, menghilangkan kekakuan otot dan kram kaki, mengurangi bengkak di kaki, memperlancar peredaran darah, memperbaiki postur tubuh, serta mencegah munculnya stretchmark.

Lalu, jenis perawatan spa seperti apa yang boleh dinikmati ibu hamil?

Pijat
Posisi terbaik pemijatan bagi ibu hamil adalah duduk atau tidur miring. Bila ibu memilih posisi tidur miring, hindari bertumpu pada satu sisi saja agar tidak merasa lelah atau tegang. Pemijatan umumnya berupa pengusapan dan penekanan  sedemikian rupa yang gerakannya tidak merangsang terjadinya kontraksi. Wilayah pemijatan boleh seluruh tubuh, kecuali perut. Utamakan pemijatan pada wilayah punggung, pinggang, dan kaki karena selama masa kehamilan,  bagian-bagian itulah yang kerap terasa pegal-pegal.

Khusus untuk minyak pijat pilih yang hypoallergenic (tidak merangsang terjadinya alergi). Salah satunya adalah minyak biji anggur hijau yang dapat sekaligus melembapkan kulit.

Berendam
Berendam bermanfaat sebagai relaksasi pada ibu hamil. Suhu air yang ideal adalah yang hangat-hangat kuku atau tidak boleh lebih dari 37º C. Suhu yang terlalu panas dapat merangsang terjadinya kontraksi. Lama berendam cukup 10 menit, dan gunakan bahan alami untuk berendam seperti susu.

Creambath
Adalah perawatan rambut agar lebih sehat dan alami dengan pemberian krim khusus bernutrisi ke dalam pori-pori kulit kepala. Pilihlah krim rambut yang dapat memberi nutrisi pada rambut seperti krim yang mengandung asam amino, vitamin B kompleks, biotin, dan kalsium.  Manfaat perawatan akan makin terasa jika dilengkapi pemijatan lembut pada kulit kepala, seperti menyehatkan dan menyegarkan kulit kepala dan akar-akar rambut. Pijatan juga diyakini dapat melancarkan peredaran darah di kepala sehingga zat-zat makanan yang diperlukan untuk rambut dapat teresap dengan baik.  Khusus untuk wanita hamil, creambath dilakukan sambil tiduran untuk mengurasi rasa penat.

Facial
Perubahan hormon selama masa kehamilan dapat menyebabkan kulit wajah tampak kusam bahkan terkadang menimbulkan jerawat. Perawatan wajah dengan  krim-krim tertentu sekaligus pemijatan ringan saat facial dapat melancarkan peredaran darah di wajah sehingga wajah pun jadi tampak lebih bersinar.

Scrub
Perubahan hormon terkadang menyebabkan kulit ibu hamil jadi tampak kusam,  muncul bercak-bercak kehitaman, dan cenderung lebih kering. Dengan melakukan scrub, kulit hitam bisa jadi lebih bercahaya. Scrub boleh dioleskan ke seluruh tubuh termasuk bagian perut. Untuk itu pilihlah bahan scrub yang aman. Khusus untuk kulit yang kering honey oatmeal  dapat melembapkan kulit.

Manicure-Pedicure
Tidak sekadar mempercantik penampilan kuku jari, manicure dan pedicure dapat mengembalikan kesehatan kuku terutama bagian kutikula, sekaligus menjaga kesehatan dan kelembapan kulit tangan dan kaki. Perawatan ini juga akan sangat membantu, mengingat perut ibu hamil yang semakin lama semakin besar akan mempersulitnya untuk memotong kuku sendiri. Tentu sebelum menikmati pelayanan, pastikan alat-alat manicure pedicure di spa disterilisasi terlebih dulu.
Boreh
Boreh adalah membalurkan masker rempah-rempah (seperti jahe, jeruk, cinnamon dan lain sebagainya) ke seluruh tubuh, kemudian tubuh di tutup dengan selimut sekitar 20 menit. Sensasi hangat yang ditimbulkan di seluruh tubuh dapat membuat ibu hamil merasa lebih nyaman.

FOTO: SPAIBUHAMIL.JPG – VALLEYMASSAGECLINIC.COM

Tags : jenis spa, ibu