Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Manfaat Pijat Payudara Saat Menyusui
Manfaat Pijat Payudara Saat Menyusui

Memiliki payudara yang sempurna adalah impian semua wanita. Selain membuat percaya diri dan menyenangkan pasangan, payudara berguna sebagai penghasil ASI bagi buah hati. Dan meski bayi tidak menyusui pada puting, namun puting membantu penghisapan air susu.

Namun seringkali ibu mengeluh, di dalam payudaranya seperti terdapat benjolan atau bahkan bayi kurang suka menyusu akibat aliran ASI yang kurang lancar. Biasanya hal ini terjadi karena saluran ASI tersumbat. Jika air susu jarang dikeluarkan, maka air susu akan mengental sehingga menyumbat lumen saluran. Payudara pun jadi terasa sedikit nyeri ketika disentuh.

Adanya penekanan saluran air susu dari luar, seperti kebiasaan menopang payudara dengan posisi menggunting, juga mengakibatkan saluran ASI tersumbat. Begitu pula penggunaan bra yang terlalu menekan payudara.

Problem lain yang kerap dialami adalah payudara yang membengkak, sakit, puting kencang, kulit mengilat walau tidak merah, dan terlihat pembuluh darah vena di permukaan payudara. Hal ini disebabkan pengosongan payudara tidak berlangsung optimal, seringkali akibat bayi jarang menyusu padahal produksi ASI melimpah. Bisa juga karena posisi dan pelekatan yang kurang tepat sehingga pengosongan payudara kurang optimal atau pembatasan pengosongan payudara.

Nah, pijat payudara semasa menyusui bermanfaat untuk memperlancar pengeluaran ASI dan membantu produksi ASI, sekaligus dapat membuat payudara tetap indah. Pemijatan bisa dilakukan setiap hari di kala mandi. Caranya antara lain:

1. Siapkan peralatan yang akan digunakan seperti baskom berisi air hangat, minyak alami seperti baby oil atau minyak zaitun, waslap, dan kapas.
2. Bersihkan daerah payudara dengan waslap air hangat.
3. Ratakan minyak pada kedua tangan. Minyak ini untuk melenturkan dan melembapkan payudara saat dipijat.
4. Letakkan satu tangan di bagian bawah payudara dan satu tangan di atasnya, kemudian lakukan gerak memutar dengan telapak tangan searah jarum jam. Lakukan pula gerakan serupa berbalik arah atau berlawanan.
5. Geser perlahan telapak tangan ke arah puting dengan sedikit diberi tekanan. Begitu pun bagian dari bawah payudara ke arah puting.
6. Lakukan gerakan tersebut masing-masing secara berulang dengan 12 hitungan hingga seluruh saluran susu terpijat.
7. Selesai pemijatan, gunakan ujung jari dan ketuk-ketuklah payudara, agar sirkulasi darah  lebih lancar.
8. Bersihkan pula bagian puting dengan kapas air hangat, kemudian bersihkan seluruh daerah payudara dengan waslap basah kembali. Setelah itu, keringkan.

FOTO: PIJAT PAYUDARA.JPG – LIFEMARTINI.COM

Tags : Pijat payudara, ASI