Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Pijat Payudara Semasa Hamil untuk Persiapan Menyusui
Pijat Payudara Semasa Hamil untuk Persiapan Menyusui

Tubuh kita akan menyiapkan diri untuk menghadapi masa menyusui. Puting payudara akan membesar, dan saluran susu meningkat dan menjadi matang selama kehamilan.  Namun kita pun bisa melakukan persiapan khusus agar sesi menyusui bisa berjalan lancar. Salah satunya dengan melakukan pijat payudara.

Pijat payudara untuk persiapan menyusui bisa dilakukan setelah usia kehamilan lima bulan atau setidaknya pada enam minggu terakhir kehamilan. Anda bisa mulai memijat payudara untuk membersihkan saluran susu dan membuat ASI mengalir lebih bebas. Hal ini akan membantu mengosongkan payudara dan memicu produksi ASI lebih banyak.

Pijat payudara selama kehamilan juga memberi manfaat lain, seperti meningkatkan sirkulasi darah pada payudara, mengurangi ketidaknyamanan selama kehamilan, membantu meredakan pembengkakan payudara, membuka sumbatan kelenjar susu, merelaksasi, mengencangkan payudara, mengurangi bekas luka dan stretch marks, bahkan untuk mendeteksi adanya benjolan pada payudara.

Untuk mulai memijat payudara, ini yang perlu Anda lakukan:

1.Setelah payudara dibersihkan, oleskan dengan baby oil atau losion. Selalu gunakan losion ketika Anda memijat payudara, atau minyak alami saat Anda sudah menyusui. Contohnya minyak kelapa atau minyak zaitun.

2.Pijatlah sekeliling payudara dengan kedua tangan searah jarum jam, kemudian berbalik arah (berlawanan dengan jarum jam).

3.Pijatlah dari bawah menuju puting (bukan memijat puting). Dengan lembut usap atau remas payudara sekadar untuk melancarkan peredaran darah. Jangan meremas terlalu keras karena dapat merusak jaringan kelenjar. Sederhananya, jangan sampai menimbulkan rasa sakit.

4.Ketuk-ketuk payudara dengan ruas jari untuk memperlancar peredaran darah.  Ketika Anda merasa payudara Anda menghangat, itulah tanda bahwa aliran darah pada payudara sudah meningkat.

5.Bersihkan puting dengan kapas dan baby oil, lalu bersihkan payudara dan puting memakai air hangat, lalu air dingin. Keringkan dengan handuk.

6.Lakukan pemijatan ini secara rutin setiap hari. Anda dapat memijat payudara setiap kali habis mandi. Untuk mencegah lupa, Anda boleh saja langsung memijat payudara begitu selesai mandi. Gunakan sabun mandi untuk memuluskan proses memijat. Anda pun akan menjadi lebih relaks selama pemijatan.  

FOTO: PIJAT PAYUDARA.JPG –PREGNANT.SG

Produk Terkait:
My Baby Oil
My Baby Lotion

Tags : Pijat Payudara, ASI