Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Ajak Si Kecil Naik Pesawat Terbang
Ajak Si Kecil Naik Pesawat Terbang

Berlibur sekeluarga dengan naik pesawat membutuhkan persiapan ekstra dan trik tersendiri. Apalagi jika kita membawa anak bayi dan balita naik pesawat untuk pertama kalinya. Berikut beberapa aturan penting yang wajib Anda perhatikan saat traveling bersama buah hati agar momen liburan keluarga berjalan lancar.

Dos:

Cermat memilih jam keberangkatan. Jika perjalanan singkat atau pendek, bisa memilih penerbangan tengah hari atau siang. Sedangkan untuk perjalanan jauh, lebih baik pilih penerbangan malam dimana anak-anak akan lebih mudah terlelap sehingga tidak mengganggu siklus tidurnya. Hal ini dilakukan agar anak tetap tenang selama perjalanan udara.

Cek kondisi kesehatan. Sebelum berangkat, pastikan Anda sekeluarga (terutama si Kecil) dalam keadaan sehat. Periksa ke dokter sekitar 3-7 hari sebelum berangkat. Jika perlu, mintalah surat keterangan sehat dan surat rekomendasi dokter yang menyatakan bahwa Anda dan anak layak untuk bepergian dengan pesawat udara. Tunda atau batalkan rencana liburan jika ternyata anak dinyatakan sakit cukup parah.

Bawa tas yang praktis. Membawa anak saja sudah cukup merepotkan, apalagi membawa bawaan secara berlebihan. Perhatikan berat bawaan Anda, sesuaikan dengan durasi perjalanan, pilah mana yang bisa masuk bagasi dan mana yang dibawa ke atas kabin dengan mematuhi aturan maskapai penerbangan. Pisahkan dokumen perjalanan dalam pouch atau tas kecil yang lebih aman agar tidak tercampur dengan barang bawaan lainnya.

Don’ts:

Datang terlambat ke bandara. Meski sudah web check-in, alangkah lebih baik datang lebih awal untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak terduga. Anda dapat lebih leluasa memilih kursi sebelah lorong (terutama di area kabin paling depan atau paling belakang) yang posisinya dekat dengan lavatory dan memudahkan Anda mengambil perlengkapan si Kecil nantinya.

Lupa membawa airplane kit. Ini adalah paling krusial, jika sampai tertinggal. Karena biasanya di dalamnya berisi item-item penting yang dibutuhkan anak selama berada di pesawat (yang mungkin saja agak sulit didapatkan selama di perjalanan). Persiapkan airplane kit dari sebelum berangkat, mulai dari pakaian, selimut, popok cadangan, mainan, hingga snack favoritnya dalam satu tas praktis untuk dibawa ke atas kabin.

Terlihat panik dan merasa kurang nyaman. Anak pun bisa merasakan emosi Anda saat merasa tidak nyaman bepergian bersamanya, entah takut terbang, malu dilihat banyak orang, terlihat panik atau kuatir berlebihan lainnya. Berusahalah tampil rileks dan santai agar si Kecil pun merasa happy dan antusias dalam menikmati suasana liburan.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi