Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Beda Peran Ayah & Bunda dalam Mengasuh Anak
Beda Peran Ayah & Bunda  dalam Mengasuh Anak

Bunda, sebagai orangtua, Ayah dan Bunda memiliki tanggung jawab yang sama dalam membesarkan anak. Namun masing-masing memiliki peran yang berbeda karena cara berinteraksi yang berbeda antara Ayah dan Bunda. Pola interaksi yang berbeda ini akan membawa dampak yang berbeda pula pada anak. Masing-masing interaksi akan membantu membentuk karakter anak hingga ia dewasa nanti. Bagaimana peran Ayah dan Bunda untuk mendukung pertumbuhan si Kecil yang optimal?

Peran Ayah

  • Merangsang aktivitas fisik.  Sebagai pria, Ayah akan lebih sedikit menggunakan emosinya dan lebih banyak melakukan interaksi fisik dengan anak. Banyak permainan fisik yang dilakukan oleh para Ayah bersama anaknya. Interaksi ini akan mengajarkan si Kecil bagaimana mengangani emosi terkejut, senang atau takut. Emosi ayah yang lebih stabil akan membantu emosi anak lebih stabil juga.
  • Mengajarkan kemandirian. Peran Ayah sebagai kepala keluarga mengajarkan si Kecil menjadi pemimpin, dimulai dengan belajar berinisiatif dan berani melakukan sesuatu sendiri disertai pengawasan. Pujian yang diberikan Ayah saat si Kecil berhasil melakukan sesuatu akan membuat anak terpicu untuk jadi berani mengambil risiko dan mandiri.
  • Melindungi. Sosok ayah yang kuat dan berani akan membuat anak merasa terlindungi. Anak yang tumbuh dengan rasa aman dan terlindungi akan mendukung  menjadi pribadi yang pemberani.

Peran Bunda 

  • Merangsang mental & emosional. Lewat Bunda sebagai orang pertama yang dikenalnya, maka dari Bunda si Kecil akan belajar mengenali emosi. Bunda juga lebih mudah memeluk dan menunjukkan emosi sehingga anak dapat belajar banyak cara menunjukkan emosinya.
  • Mengajarkan disiplin. Dari makan, mandi sampai tidur, semuanya di bawah pengawasan Bunda. Lewat kegiatan dasar pertama ini, Bunda mengajari Si Kecil soal disiplin pada waktu, kebersihan, pola makan dan lainnya.
  • Memberi rasa aman. Sejak berada dalam perut, bayi sudah mengenal suara Bunda. Bayi juga terbiasa dengan sentuhan dan aroma tubuh Bunda yang memberinya rasa aman dan nyaman. Anak yang mendatkan rasa aman dari sosok seorang ibu akan tubuh menjadi manusia dewasa yang percaya diri.

Peran Ayah dan Bunda yang dijalankan dengan baik dan saling mengisi akan mendukung si Kecil menjadi pribadi yang baik. Namun, jangan lupakan lingkungan sekitar yang juga memiliki peran penting dalam dalam pertumbuhan si Kecil. Untuk itu, Ayah dan Bunda sebaiknya juga bersama-sama menciptakan lingkungan yang positif selama masa pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Tags : mengasuh anak, peran orang tua, perkembangan anak, tumbuh kembang anak