Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Kapan Bayi Mulai Bisa diajak Berenang?
Kapan Bayi Mulai Bisa diajak Berenang?

Mengajari bayi berenang ternyata lebih dari sekadar kesenangan, karena  berbagai manfaat renang telah terbukti secara ilmiah. Universitas Griffith pada tahun 2009, misalnya, melakukan riset besar selama 4 tahun  dengan melibatkan 45 sekolah berenang   di Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Hasil awal menunjukkan  anak-anak di bawah usia 5 tahun yang terlibat dalam pelajaran berenang ternyata lebih maju dalam perkembangan kognitif dan fisik daripada rekan-rekan mereka yang tidak berenang.

Studi lain,  dilakukan oleh Norwegian University of Science and Technology pada tahun 2010. Hasilnya? Bayi yang telah dikenalkan dengan kegiatan renang sejak dini, memiliki keseimbangan dan kemampuan  menggenggam yang lebih menonjol dari yang bukan perenang. Perbedaan kemampuan ini bahkan tetap tampak ketika anak berusia lima tahun.

Menjawab pertanyaan di atas, kapan bayi mulai bisa diajak berenang, Menurut laman babycenter.com, saat bayi berusia 6 bulan, Ibu bisa mengikuti kelas renang orangtua-anak. Pendampingan  orangtua saat bayi berenang memang merupakan syarat mutlak. Selain demi keamanan, dengan ditemani orangtua selama di air, interaksi yang tercipta  membuat si kecil merasa senang sehingga baik untuk perkembangan psikologis buah hati.

Kegiatan berenang tentu tak harus selalu dilakukan di kolam renang. Di rumah, Ibu dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang lebih sederhana, seperti bathtub, kolam renang plastik yang banyak dijual dipasaran, atau bahkan ember besar. Bermain di air akan mendorong bayi menggerakkan seluruh otot tubuh dan menguatkan berbagai kemampuan motoriknya.

Pastikan  kondisi bayi

Nah, siap mengajak si kecil berenang? Jika berniat mengajak bayi ke kolam renang untuk pertama kali,  sungguh bijak bila Ibu berkonsultasi terlebih dulu pada dokter. Beberapa kondisi bayi, seperti bayi dengan kelainan jantung, umumnya tak boleh melakukan aktivitas renang.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah satu jam sebelum berenang, bayi harus sudah makan atau minum. Hindari mengajak bayi berenang dalam keadaaan kekenyangan. Jangan pula mengajaknya berenang dalam keadaan lapar karena dikhawatirkan ia akan minum air kolam. Lama berenang paling efektif adalah setengah jam karena bayi perlu dijaga daya tahan tubuhnya.

Setelah berenang, jangan lupa untuk mengeramasi rambut bayi dengan My Baby Shampoo Soft and Smooth. Formulanya yang lembut, efektif membersihkan rambut dan kulit kepala bayi.  My Baby Shampoo juga teruji klinis tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan tidak pedih dimata, sehingga aman untuk si kecil.  Selesai mandi, oleskan My Baby Minyak Telon Plus ke seluruh tubuh bayi  untuk menghangatkan tubuh si kecil

Produk Terkait:
My Baby Hair And Body Wash, My Baby Shampoo Black & Shine, My Baby Shampoo Soft & Smooth, My Baby Minyak Telon Plus, My Baby Minyak Telon Plus Longer Protection

Tags : Kapan bayi mulai bisa diajak berenang, riset tentang berenang pada bayi, My Baby Shampoo, My Baby Minyak Telon Plus