Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Karakter Si Kecil Berdasarkan Golongan Darah
Karakter Si Kecil Berdasarkan Golongan Darah

Ternyata, karakter Si Kecil bisa dikenali melalui golongan darahnya lho Bun! Seperti dilansir dari hasil riset Takeji Furukawa, peneliti asal Jepang di tahun 1933 yang  berjudul “Penelitian Sifat Melalui Golongan Darah”. Seperti apa karakter Si Kecil dan bagaimana cara menerapkan pola asuh sesuai karakternya? Yuk simak penjelasannya

Golongan Darah A

Karakter: Si Kecil adalah anak yang patuh aturan, selalu mengerjakan sesuatu dengan hati-hati sehingga cenderung perfeksionis. Saat bersama teman-temannya, si Kecil yang sensitif terhadap perubahan di sekitarnya memiliki keinginan kuat untuk membantu teman lain. Sebagai anak yang patuh dan menjaga apa yang sudah diajarkan/ditetapkan, si Kecil akan protes bila ada temannya yang melakukan sesuatu di luar peraturan.

Sikap Bunda: Selalu sabar menghadapi si Kecil karena untuk beberapa hal tidak bisa diburu-buru, si Kecil selalu melakukan sesuatu sesuai urutan yang sudah diajarkan. Bila ingin menegur, puji si Kecil terlebih dahulu untuk hal positif yang dilakukannya. Setelah si Kecil memahami masalah yang dihadapi, tegur si Kecil secara baik-baik sehingga dia bisa menerima kekurangannya tersebut.

Golongan Darah B

Karakter: Si Kecil selalu senang bertemu teman baru dan antusias terhadap hal yang disukainya. Ide-idenya selalu tidak terduga. Meski begitu, sifat pemalu kadang muncul disertai emosi yang tidak stabil dan tidak mau dikontrol. Karena tidak suka dikontrol, si Kecil tidak suka dibatasi oleh aturan dan dia akan melakukan sesuatu yang disukainya. Jadi saat bersama teman-temannya, si Kecil bisa melakukan aktivitasnya sendiri, tidak bersama yang lain.

Sikap Bunda: Karena si Kecil tidak suka mematuhi aturan, Bunda harus selalu mengulang hal-hal yang harus dia lakukan berkali-kali untuk mengingatkannya. Tidak perlu bersuara keras karena si Kecil tidak akan mendengarkan. Lebih baik bicara perlahan dan dekat dengan si Kecil yang akan didengarkannya. Bila idenya membahayakan, beri pujian dulu untuk idenya lalu alihkan ke ide lain.

Golongan Darah AB

Karakter: Si Kecil mempunyai perpaduan karakter golongan darah A dan B, kadang pemalu kadang ceria, kadang patuh kadang protes. Sifat dominannya adalah selalu bersikap lembut dan baik hati dan bisa membuat keputusan yang baik. Si Kecil bukanlah tipe yang manja bahkan cenderung lebih suka melayani teman-temannya. Si Kecil suka berfantasi, yang suka muncul saat dia bermain dengan mainan favoritnya.

Sikap Bunda: Menghadapi emosinya yang sering berubah, Bunda harus selalu menghadapi si Kecil dengan lembut, hindari membentak atau memarahi dengan suara keras. Bila ingin menegur, ajaklah si Kecil berdiskusi untuk membuatnya paham kesalahannya. Hargai sikapnya yang selalu ingin melayani orang lain dan hindari menjawab pertanyaan atau menanggapi perkataan si Kecil dengan tidak serius karena akan membuatnya sedih dan merasa tidak diperhatikan.

Golongan Darah O

Karakter: Si Kecil memiliki rasa percaya diri yang kuat, suka berkompetisi dan aktif. Bila punya keinginan akan berusaha kuat supaya keinginannya tercapai. Meski mudah tersinggung, tetapi si Kecil mudah melupakannya. Hubungan dengan teman-temannya baik, namun si Kecil memiliki keinginan untuk dominan dan menguasai teman-temannya dengan kepandaiannya berbicara. Menyukai kontak fisik karena menenangkannya, sehingga membuat si Kecil tampak manja.

Sikap Bunda: Saat ingin menegur, Bunda dapat menunjukkan sikap tegas pada si Kecil. Imbangi keinginannya berkompetisi dengan mengajarkan dia untuk mampu menolong orang lain dengan cerita atau contoh nyata secara rutin dan berulang. Hargai keinginan kuatnya dengan pujian secara spontan dan sering-seringlah mengajak si Kecil berdiskusi supaya kemampuan bicaranya berisi dan positif.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi