Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Minum Air Kendalikan Mood Ibu Hamil
Minum Air Kendalikan Mood Ibu Hamil

Mual-muntah pada trimester pertama kehamilan biasa dialami ibu hamil. Umumnya mual-muntahnya tergolong ringan dan sedang, namun ada juga yang sangat parah sehingga harus bed rest (kondisi ini disebut hyperemesis gravidarum). Gejalanya bisa terjadi kapan saja, tidak harus pada pagi hari. Mual-muntah itu sendiri bisa berlangsung satu hingga empat jam sekali waktu. Kadang hanya mual, tapi bisa juga diiringi muntah.

Mual-muntah saat hamil bisa menjadi masalah yang cukup berat untuk dihadapi. Sebab, kondisi tersebut bisa mengacaukan kehidupan sang ibu. Mual-muntah bisa memengaruhi mood atau suasana hati, pekerjaan, situasi di rumah, dan kemampuan Anda untuk mengurus keluarga. Karena itu, bantuan dari keluarga dan teman-teman akan sedikit meredakan tekanan tersebut.

Kurang cairan (dehidrasi) bisa menjadi suatu komplikasi dalam kasus-kasus yang parah, demikian menurut Dr Tim Kenny, dokter umum yang juga Clinical Editor dan  co-founder Patient.co.uk. Kekurangan air 1% atau setara dengan 2 gelas saja, bisa menyebabkan kondisi dehidrasi tersebut. Pada skala ringan, hal ini menyebabkan rasa haus, bibir kering, dan perubahan mood. Perubahan mood pada wanita hamil yang mengalami dehidrasi adalah merasa gelisah, lebih cepat marah, dan mengantuk.

Bayi dalam kandungan tidak akan terkena pengaruh dari mual-muntah itu sendiri, karena ia akan menyerap cadangan nutrisi dari tubuh Anda, meskipun Anda tidak makan dengan baik karena muntah-muntah.  Bahkan menurut berbagai studi, mual-muntah pada kehamilan awal adalah pertanda bahwa kehamilan Anda sehat.

Namun bayi bisa terkena dampaknya jika Anda mengalami hyperemesis gravidarum  atau dehidrasi,  dan Anda  tidak berusaha memperbaiki kondisi Anda. Akibat yang mungkin terjadi adalah, bayi lahir dengan berat badan rendah.

Dengan kondisi kurang cairan, hal pertama yang bisa Anda lakukan tentunya mulai minum banyak air putih. Minum sedikit-sedikit tapi sering juga bisa membantu untuk mencegah Anda muntah. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi air minimal 10 gelas per hari, satu gelas sekitar 250 cc. Atau sekitar 2,3 liter/hari. Sebisa mungkin hindari minuman dingin dan manis, karena kadang-kadang hanya membuat gejala mual makin parah.

Selain untuk mengendalikan mood, minum air dalam jumlah cukup bagi wanita hamil bermanfaat untuk mempertahankan jumlah cairan ketuban, membuat kulit tetap segar, mencegah mual, mengatasi konstipasi, memperlancar proses persalinan, dan mencegah gangguan pada janin. Segelas air hangat juga bisa meredakan kram perut yang sering terjadi pada ibu hamil.

FOTO: MINUM AIR PUTIH.JPG – MIDAS WEALTH.NET

Tags : dehidrasi, kesehatan ibu hamil, nutrisi ibu, nutrisi bayi