Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Panduan Pijat Payudara Agar ASI Tak Tersumbat
Panduan Pijat Payudara Agar ASI Tak Tersumbat

Selain ketenangan dan kepercayaan diri ibu, posisi menyusui yang tepat juga menjadi kunci sukses pemberian ASI. Cara menyusui yang salah, misalnya mendekap bayi sehingga menekan salah satu payudara, bisa membuat ASI tersumbat.
Berikut penjelasan seputar menyusui dari Mia Sutanto, SH, LL.M.,KL., Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

Cara menyusui yang salah, misalnya mendekap bayi sehingga menekan salah satu payudara, bisa membuat ASI tersumbat.
Sumbatan biasanya terjadi di dekat daerah ketiak. Untuk menghindarinya, lakukan menyusui dengan posisi menyilang agar payudara tidak tertekan. Saat menyusui bantu dengan gerakan massage di daerah yang tersumbat. Jangan dipijit di atas sumbatannya, tapi di saluran sekeliling sumbatan supaya terbuka.

Sebaiknya hindari pula memakai bra berkawat, karena sumbatan bisa terjadi di bagian bawah karena tertekan kawat bra. Pakailah bra khusus menyusui.
Memijat payudara juga bisa jadi cara agar ASI lancar dan tak tersumbat. Berikut adalah cara pijat payudara yang dapat dilakukan :

  1. Lakukan proses pemanasan yaitu dengan kompres payudara menggunakan handuk hangat.
  2. Pijat payudara dengan beberapa gerakan. Mulai dari lakukan pemijatan perlahan ke atas dan ke bawah di area puting.
  3. Pijat melingkar mengikuti bundaran payudara, pijat areola perlahan ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Jangan lupa, pijat bentuk melingkar dari sprial ke areola. 

Perlu diketahui pula, saat menyusui, ada dua jenis kompres, yaitu hot dan cold. Kompres hot bermanfaat untuk membuka saluran ASI yang tersumbat. Sedangkan, kompres cold yang dimasukkan ke freezer lebih dulu bisa meredakan rasa nyeri. 

Pijat payudara memang disebut sebagai salah satu kunci sukses menyusui. Namun, pijat payudara sebaiknya dilakukan setelah melahirkan, sebab jika dilakukan saat kehamilan bisa memicu terjadinya kontraksi dini. Kalaupun mau dilakukan selama kehamilan, harus dengan terapis yang memang memiliki lisensi. 

Foto: nursingnurture.com

Produk Terkait:
, My Baby Moms Hand Sanitizer

Tags : pijat payudara, asi, busui, menyusui, ibu menyusui, kesehatan ibu