Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Pentingnya Bonding Bunda dan Si Kecil
Pentingnya Bonding Bunda dan Si Kecil

Tahukah Bunda, saat Bunda menyusui si Kecil, yang terjadi tidak hanya proses pemberian ASI dari Bunda ke si Kecil saja lho, tetapi juga membentuk ikatan sayang antara Bunda dan si Kecil.

Proses menyusui ini adalah salah satu pendukung terjalinnya mother-infant bonding atau ikatan ibu-anak yang merupakan pembentukan hubungan timbal balik secara emosional antara ibu dan si Kecil. Bonding antara Bunda dan si Kecil akan menumbuhkan kehangatan, rasa sayang, rasa bahagia, rasa aman dan rasa saling mencintai. Bonding yang selalu diciptakan oleh Bunda akan membuat si Kecil merasa dicintai dan dilindungi.

Kegiatan Pendukung Bonding
Selain proses menyusui, kegiatan lain yang bisa Bunda lakukan untuk menciptakan bonding yang lebih erat dengan si Kecil adalah:

  • Sentuh kulit si Kecil sesering mungkin. Tidak hanya dengan menggendongnya yang membuat Bunda dapat mendekap erat dan menenangkan si Kecil, Bunda juga dapat meletakkan si Kecil di atas dada Bunda. Sehingga si Kecil dapat mendengar detak jantung Bunda, merasakan kulit Bunda.
  • Ajak si Kecil bicara. Mengajak si Kecil berbicara akan membuatnya merasa dipahami. Suara Bunda yang lembut dan tenang akan membuatnya merasa diperhatikan dan membuatnya nyaman.
  • Memandikan si Kecil. Sambil membasahi tubuh si Kecil dengan air, Bunda dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dengan mengajaknya ngobrol atau bersenandung dengan nada riang. Aura gembira Bunda akan membuat momen ini menyenangkan buat si Kecil.
  • Luangkan waktu bersama si Kecil. Tidak hanya sekedar meluangkan waktu bersama, tetapi nikmati waktu luang bersama si Kecil dengan sepenuh hati. Bunda dapat mengajaknya bermain saling sentuh dengan tangan atau dengan mainan bayi, memberikan perhatian pada kegiatan yang dilakukan si Kecil atau pergi berdua dengan si Kecil ke suatu tempat yang menyenangkan.
  • Memijat si Kecil. Sentuhan yang Bunda lakukan saat memijat akan membuat si Kecil merasa tenang. Lakukan pijatan lembut pada tangan, kaki, punggung dan dada si Kecil. Untuk kenyamanan dan keamanan si Kecil, Bunda dapat menggunakan  My Baby Minyak Telon Plus, yaitu telon dalam bentuk lotion yang mengandung Minyak Sereh (Citronella Oil) dan Chamomile Oil, yang menghangatkan dan membantu melindungi bayi dari gigitan serangga dan nyamuk demam berdarah selama 6 jam. Atau My Baby Minyak Telon Plus Longer Protection yang mengandung kombinasi Minyak Sereh (Citronella Oil), Lemongrass Oil dan Chamomile Oil yang membantu melindungi anak dari gigitan serangga dan nyamuk demam berdarah hingga 8 jam. Juga dapat  digunakan untuk meredakan perut kembung dan masuk angin.

Proses bonding ini sangat penting karena bila dilupakan akan membuat si Kecil merasa tidak diterima dan tidak dicintai oleh Bunda. Perasaan ini dapat menimbulkan masalah psikologis di masa yang akan datang.

Lakukan kegiatan bonding ini dengan penuh rasa sayang dan selalu ciptakan kontak mata dengan si Kecil ya, Bun, supaya si Kecil semakin merasakan kedekatan emosi dengan Bunda.

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi