Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Pentingnya Merawat Diri Selama Menyusui
Pentingnya Merawat Diri Selama Menyusui

Menyusui merupakan cara yang luar biasa untuk membangun ikatan yang kuat dengan bayi, dan akan berlanjut meskipun Anda sudah menyapihnya. Banyak ibu baru yang merasa kesulitan saat mengawalinya, tetapi begitu masa menyusui ini berjalan lancar, Anda pasti merasakan ketenangan dan kebahagiaan tersendiri saat menyusui si kecil.

Perlu Anda ingat, masa ASI eksklusif berjalan selama enam bulan. Para ibu yang lancar melakukannya disarankan untuk terus melanjutkan pemberian ASI selepas enam bulan. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan cara mengonsumsi makanan bernutrisi, merawat tubuh, dan beristirahat dengan cukup.

Cobalah untuk meluangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk merawat diri Anda. Teratur merawat diri tidak hanya bermanfaat mengurangi perasaan mudah frustrasi, terganggu, dan merasa tak mampu menjadi ibu yang baik, tetapi juga akan melindungi Anda dari depresi pasca melahirkan.
Ella Walsh, editor Kidspot.com.au, memberikan beberapa saran bagi para ibu untuk merawat diri selama masa menyusui. Anda mungkin tidak akan mampu melakukan semua saran tersebut, namun dengan membacanya saja Anda mungkin akan menyadari bahwa Anda pun butuh merawat diri sendiri.

  1. Lupakan dulu pekerjaan rumah tangga yang menumpuk. Anda tidak perlu terburu-buru menyelesaikannya, kok. Prioritaskan kebutuhan si kecil lebih dulu.
  2. Dorong suami untuk ikut merawat si kecil. Jika suami, keluarga, atau teman-teman menawarkan bantuan untuk Anda, jangan ditolak. Jika Anda membutuhkan bantuan, mintalah.
  3. Makanlah dengan teratur dan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Bulan-bulan pertama setelah persalinan bukanlah waktu yang tepat untuk menjalankan diet. Hal yang normal jika berat badan Anda bertambah selama kehamilan, dan menurunkannya sedikit demi sedikit melalui proses menyusui. Butuh banyak energi untuk memberi makan dan mengasuh bayi. Dan, Anda akan lebih berenergi jika makan dan minum dengan benar.
  4. Istirahatlah saat Anda memulihkan diri dari persalinan. Ketika Anda mendapatkan kembali kekuatan Anda, Anda bisa menjadi lebih aktif. Cobalah berjalan-jalan di udara yang segar bersama bayi Anda. Pemandangan yang baru akan membuat rileks, dan si bayi pun akan menikmatinya.
  5. Jika memang ingin menurunkan berat badan, cobalah melakukan olahraga secara rutin daripada menjalankan diet.
  6. Cobalah bergabung dengan komunitas para ibu baru. Pasti akan senang bisa berbagi kegembiraan dan kerepotan dengan para ibu yang punya pengalaman sama.

FOTO: IBU MENYUSUI.JPG – BABIESMAGZ.COM

Tags : asi, me time, kesehatan ibu