Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Persiapan Olahraga untuk Ibu Menyusui
Persiapan Olahraga untuk Ibu Menyusui

Menurut Dr William Sears, dokter anak yang juga penulis lebih dari 30 buku tentang pengasuhan anak, menyusui membuat ibu lebih mudah menurunkan berat badan. Sebab, produksi ASI akan  membakar 300-500 kalori per hari. Itulah mengapa tubuh kita menyimpan cadangan lemak selama kehamilan, yaitu untuk memastikan bahwa kita punya cukup energi dari lemak untuk diproduksi sebagai ASI.

Namun, menyusui saja tidak secara otomatis membuat tubuh Anda langsing. Untuk menghilangkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan mental Anda, Anda perlu melakukan olahraga secara teratur. Nah, sebelum mulai berolahraga, sebaiknya Anda melakukan persiapan berikut.

Susui dulu bayi Anda sampai ia kenyang dan cadangan ASI Anda kosong sebelum berolahraga. Hal ini tidak hanya akan membuat bayi Anda tenang selama Anda berolahraga, tetapi juga membuat Anda berolahraga lebih nyaman karena payudara tidak dipenuhi dengan ASI.

Minumlah banyak air putih. Sebelum dan selama olahraga, minumlah dua atau tiga gelas air putih untuk mencegah Anda mengalami dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan tidak hanya membuat Anda tidak nyaman, tetapi juga bisa menyerap kandungan air dari cadangan ASI.

Kenakan sports bra yang berkualitas baik. Payudara yang mengalami perubahan bentuk karena hamil dan menyusui harus didukung dengan bra yang pas di badan. Hal ini untuk mengurangi gesekan pada puting payudara dan guncangan selama olahraga.

Ajak bayi Anda. Latihan paling menyenangkan bagi ibu baru adalah jalan pagi bersama bayi. Setelah Anda menyusui, letakkan si kecil di gendongan dan ajaklah jalan kaki. Jalan cepat dan sedikit menanjak akan menjadi tantangan yang menyenangkan untuk Anda. Jalan kaki sambil menggendong bayi juga akan melatih daya tahan Anda. Cara ini lebih baik ketimbang Anda menggunakan stroller. Selain itu, bayi juga akan merasa lebih dekat dengan Anda. Bayi suka melihat sekeliling, seperti anak-anak kecil yang bermain di taman, atau pohon yang daunnya ditiup angin.

Pelan-pelan saja. Jika Anda sudah membiasakan diri berolahraga sebelum Anda hamil, akan mudah bagi Anda untuk memulainya kembali saat Anda menyusui. Pastikan target Anda berolahraga saat ini adalah untuk merasa lebih sehat dan bugar, bukan agar segera langsing seperti sebelum hamil. Kalau Anda ingin menghilangkan lemak berlebih dari tubuh Anda, pastikan Anda melakukannya pelan-pelan melalui olahraga agar tidak memengaruhi cadangan ASI Anda.

FOTO: GENDONGBAYI.JPG – CELEBRITYBABYSCOOP.COM

Tags : olahraga ibu, ibu menyusui