Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Tradisi Berbagai Negara Rayakan Tumbuh Kembang Bayi
Tradisi Berbagai Negara Rayakan Tumbuh Kembang Bayi

Kita mengenal tradisi tedak siten dari Jawa Tengah. Tradisi ini dilakukan ketika bayi mulai belajar duduk dan berjalan. Tedak siten sendiri berarti menapakkan kaki di bumi. Salah satu bagian dalam upacara tedak siten adalah membiarkan si kecil memilih benda-benda yang disediakan dalam kurungan. Benda yang dipilih kelak, disebut-sebut sebagai gambaran minat ia di masa depan. Ternyata tradisi serupa tidak hanya ada di Indonesia. Beberapa negara juga memiliki tradisi unik serupa dalam menyambut tumbuh kembang si kecil. Di antaranya tiga tradisi berikut.

Agra Hadig
Di Armenia, ketika seorang bayi tumbuh gigi pertama kalinya, mereka merayakannya dengan menempatkan bayi di lantai dan dikelilingi oleh beberapa benda simbolis seperti buku, meteran, bahkan perlengkapan memasak. Barang yang dipilih bayi bisa melambangkan masa depannya nanti. 

Annaprashan
Di India, untuk merayakan bayi yang dapat mengonsumsi makanan padat, dilakukan upacara yang disebut annaprashan. Upacara bisa dilakukan saat bayi berumur 6 bulan hingga sebelum usianya satu tahun. Upacara biasanya dimulai dengan melakukan puja untuk kesehatan dan kebahagiaan anak, diikuti dengan menyuapi anak makanan padat secara simbolis. Kemudian acara seringkali dilanjutkan dengan permainan di mana sejumlah benda diletakkan di atas daun pisang atau nampan perak untuk dipilih si bayi. Benda yang disimpan di antaranya buku yang melambangkan belajar, perhiasan yang melambangkan kesejahteraan, dan sebagainya. Benda yang dipilih bayi juga dianggap melambangkan minatnya di masa depan nanti.

Doljabi
Menginjak usia satu tahun adalah momen penting bagi bayi di Korea Selatan. Apalagi di masa lalu kebanyakan bayi di Korea tidak dibawa keluar rumah hingga usia 100 hari agar terhindar dari penyakit. Setelah menjalani tradisi Baek Il dimana orangtua menyediakan makanan (rice cakes) untuk dibagikan pada 100 orang di usia bayi yang ke-100 hari. Menyambut usia satu tahun, dirayakan dengan tradisi Doljabi. Bayi akan mengenakan baju tradisional dan didudukkan di depan meja yang berisi banyak hidangan dan berbagai benda. Mereka pun didorong untuk memilih salah satu barang untuk memprediksi masa depan mereka. 

Foto: Shutterstock

Tags : my baby, perawatan bayi, kulit bayi, sabun bayi, minyak telon, bedak bayi, kebersihan bayi