Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Waktu Mandi, Waktunya Stimulasi Otak
Waktu Mandi, Waktunya Stimulasi Otak

Mandi, kegiatan rutin yang umumnya dilakukan dua kali dalam sehari ini, memiliki manfaat tak terduga bagi bayi. Dari segi kesehatan, mandi dapat membantu melindungi kesehatan kulit bayi.  Sabun khusus untuk bayi yang digunakan, My Baby Soap, misalnya, akan aman menjaga kulit si kecil yang  masih sensitif.

Mandi juga merupakan waktu untuk memeriksa tubuh si kecil bila ditemukan gangguan kulit, seperti  area kulit yang  kering. Pada kasus ini, Ibu dapat mengoleskan My Baby Lotion pada tubuh bayi begitu tubuh si kecil dikeringkan dengan handuk. Kandungan vitamin E dan gandum pada My Baby Lotion telah teruji klinis dapat menutrisi, melembapkan, dan melembutkan kulit bayi dari kekeringan hingga 24 jam.

Manfaat mandi lainnya? Seperti yang diwartakan https://health.usnews.com, waktu mandi dapat bermanfaat untuk perkembangan kognitif dan emosional si kecil. Ini terkait dengan berbagai sentuhan yang Ibu lakukan saat mengusap tubuh bayi dengan sabun, mengeramasinya dengan sampo, dsb. 

Menurut Tiffany Field, seorang psikolog perkembangan dan direktur Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine, sentuhan orangtua saat memandikan bayi akan merangsang saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf yang menghubungkan batang otak ke berbagai organ tubuh, termasuk  jantung. Sentuhan Ibu pada si kecil akan memperlambat denyut jantung,  memperlambat tekanan darah,  dan mengubah gelombang otak ke arah relaksasi.  “Mandi adalah waktu yang penting. Sebab pada saat inilah,  bayi lebih banyak disentuh dari waktu-waktu lainnya selama ia terjaga," kata Field.           

Waktu mandi  pun dapat digunakan oleh Ibu untuk menstimulasi otak bayi. Caranya? Mudah, yakni dengan menjadikan waktu mandi menjadi waktu bermain untuk Ibu dan si kecil. Biarkan ia memukul-mukul air yang ada di ember mandinya. Percikan-percikan air yang muncul, memungkinkan bayi  untuk belajar tentang konsistensi air.   

Sediakan mainan air yang  bisa bayi  mainkan saat ia mandi. Itu akan  menstimulasi koordinasi mata-tangannya. Nyanyikanlah suatu tentang anggota tubuh dengan riang  “Dua mata saya, hidung saya satu, dua kaki saya, pakai sepatu baru...”  dengan begitu bayi dapat menikmati mandi sambil belajar sesuatu.

Nah, Ibu siap menjadikan waktu mandi menjadi waktunya stimulasi otak?

Produk Terkait:
My Baby Soap Soft & Gentle, My Baby Milk Bath, My Baby Hair And Body Wash, My Baby Shampoo Black & Shine, My Baby Shampoo Soft & Smooth, My Baby Soap Sweet Floral, My Baby Soap Fresh Fruity

Tags : Waktu mandi, waktunya stimulasi otak