Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Yuk Bunda, Mendongeng Untuk Si Kecil!
Yuk Bunda, Mendongeng Untuk Si Kecil!

Seberapa sering Bunda membacakan dongeng untuk si Kecil?

Kegiatan mendongeng untuk si Kecil kini cenderung ditinggalkan. Selain karena adanya teknologi digital sebagai media penghibur, kesibukan Bunda dan rasa lelah setelah bekerja juga menjadi alasan ritual mendongeng ini mulai memudar. Padahal mendongeng yang diceritakan langsung lewat mulut Bunda merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi si Kecil sebelum ia tidur, karena saat itulah si Kecil merasa waktu Bunda sepenuhnya untuk dia.

Pentingnya Kegiatan Mendongeng

Manfaat positif dari kegiatan mendongeng ini antara lain:

  • Memperkaya kosa kata si Kecil
    Kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif akan membuat si Kecil lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan. Bunda bisa menggunakan dongeng sebagai media untuk memperkenalkan kosa kata pada si Kecil yang pastinya akan berguna saat ia sekolah nanti.
  • Mengembangkan daya imajinasi
    Dunia si Kecil adalah dunia yang penuh dengan imajinasi. Tak jarang juga si Kecil selalu berbicara dengan teman khayalannya. Dengan dongeng, Bunda bisa mengarahkan imajinasi si Kecil agar tetap terkontrol ke arah yang positif.
  • Mempererat hubungan dengan si Kecil
    Hubungan antara Bunda dan si Kecil harus tetap terjaga karena sangat berpengaruh dengan perkembangan psikologinya. Saat mendongeng, Bunda bisa membacakan cerita sambil memeluk si Kecil, membelai kepalanya dan tertawa bersama. Dengan adanya kontak fisik seperti itu, si Kecil akan merasa akrab, dekat dan nyaman dengan Bunda.
  • Menanamkan nilai dan etika
    Nilai-nilai yang bisa Bunda tanamkan dari mendongeng antara lain nilai kejujuran, rendah hati, kesetiakawanan, kerja keras dan saling tolong-menolong. Dengan begitu, si Kecil dapat mengikuti tingkah laku yang positif dari karakter tokoh dalam sebuah cerita.

Untuk mendapatkan manfaat positif dari kegiatan mendongeng ini, Bunda bisa meluangkan waktu 10 hingga 15 menit sehari untuk menceritakan sebuah kisah kepada si Kecil. Bunda bisa melakukannya sebelum si Kecil tidur di malam hari atau saat Bunda dan si Kecil mempunyai waktu luang bersama. Yang terpenting, lakukan dengan senang agar dapat si Kecil pun merasa senang dengan ritual mendongeng ini, sehingga manfaatnya pun juga maksimal.

Produk Terkait:
My Baby Powder Aromatherapy, My Baby Minyak Kayu Putih Plus, My Baby Vapor Rub, My Baby Diaper Rash Cream, My Baby Minyak Telon Plus Longer Protection

Tags : dongeng anak, cerita anak, mendongeng untuk anak, dongeng sebelum tidur, imajinasi anak, stimulasi otak anak, proses belajar anak